Desa Pangalengan

Kec Pangalengan, Kab Bandung
Prov. Jawa Barat

Loading

Desa Pangalengan

Hari Kesaktian Pancasila

  • Hari
  • Jam
  • Menit
  • Detik
Info
===== Jangan Lupa dilirik Produk UMKM Desa Pangalengan .... ======= -- selengkapnya... ====== dicek ya Informasi Layanan Panduan untuk pembuatan Surat Keterangan dll ======

Berita Desa

Kopi Arabika Malabar, Kopi Lokal Dengan Rasa Internasional

Di Bandung, ada gunung yang bernama gunung Malabar. Dengan ketinggian hingga 1800 mdpl, suhu udaranya begitu sejuk dan bahkan dingin. Itulah kenapa banyak sekali perkebunan teh di sana. Namun, bukan hanya teh saja tetapi juga perkebunan kopi. Kopi yang berasal dari daerah sana kita kenal dengan nama kopi Arabika Malabar. Penasaran dengan kopi khas Jawa Barat ini? Mari kita simak ulasan selengkapnya.

Budidaya Pertama Kopi Malabar

Kopi Malabar Jawa Barat ini sudah dikenal sejak lama bahkan sejak zaman penjajahan Belanda. Pada tahun 1725, Indonesia menjadi negara terbesar pengekspor kopi di dunia. Dan sebagian besar adalah dari wilayah Jawa Barat, termasuk kopi Malabar ini. Hingga kini, kopi Malabar masih menjadi salah satu favorit bagi penikmat kopi nusantara. Saat ini, kopi Malabar juga dikenal dengan sebutan “kopi Java Preanger. Istilah ini bukan hanya dikenal di Indonesia saja tetapi juga di dunia.

Penghasil Kopi Terbaik Dunia: Malabar

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar. Namun jika bicara masalah penghasil kopi terbaik, tak perlu ragu untuk mengatakan bahwa tempat tersebut adalah Malabar. Kopi Arabika Malabar ini sangat unik. Karakteristik rasanya begitu kental. Jika kalian pernah meminumnya, pasti kalian merasakan rasa coklat yang dominan pada kopi ini dengan rasa akhir rempah. Di Malabar, diproduksi juga kopi luwak yang menawarkan asupan madu sehingga rasanya begitu manis. Bahkan, rasa lemon juga terasa pada kopi ini, tergantung karakteristik buahnya. Yang pasti, kopi Malabar tak pernah mengecewakan para penikmatnya.

Kebun Kopi Malabar

Panen tanaman kopi di daerah Malabar yaitu pada Mei hingga September, karena pada bulan-bulan itulah tanaman kopi di Malabar berbuah. Saat sudah berwarna merah keseluruhan, artinya tanaman kopi sudah siap dipanen. Pemilihannya tidak asal-asalan. Hanya biji kopi terbaiklah yang akan diproduksi sehingga rasanya luar biasa nikmatnya. Jadi, petani kopi di sana harus mengetahui sifat tanaman kopi juga, terutama karena di sana juga banyak tumbuh tanaman lain di sekitarnya, yang pastinya bisa mempengaruhi rasa kopi. Karena dipetik langsung dari kebunnya, kopi Arabika Malabar Jawa Barat terjaga kualitasnya.

Pengolahan Kopi Malabar

Salah satu rahasia yang membuat kopi Malabar nikmat adalah karena proses pengolahannya yang bagus. Setelah dipetik, buah kopi yang matang diolah ke tahap selanjutnya. Saat pengolahan ini, berat akan menyusut hingga 50 persen saat menjadi green beans. Di sini, kalian bisa tahu apa yang membuat penyusutan sangat drastis. Tapi, itulah kenapa rasanya menjadi sungguh nikmat. Pengolahan kopi Malabar memerlukan waktu lama. Namun, hasilnya terbukti memuaskan.

Kopi Luwak Arabika Malabar

Kopi luwak memiliki harga yang lebih mahal jika dibanding dengan jenis kopi lain. Tahukah kenapa hal ini bisa terjadi? Salah satunya adalah karena proses fregmentasi dalam perut luwak. Di samping itu, luwak juga dikenal sebagai hewan yang sangat lihai memilih kopi yang benar-benar berkualitas dan matang. Memang kopi adalah cemilan sehari-hari bagi hewan luwak. Untungnya, ada juga kopi luwak dari jenis Malabar ini. Jadi, kalian bisa memilih kopi Arabika Malabar yang kalian sukai termasuk jenis kopi luwak.

Membuat Kopi Malabar Sendiri

Jika kalian berkunjung ke Malabar, jangan sia-siakan kesempatan untuk membeli buah kopi Malabar. Kenapa harus membeli buah kopi padahal kita bisa menikmati kopi Malabar yang sudah jadi? Tentu saja jika kalian tertarik ingin membuat kopi Malabar sendiri. Kalian juga bisa bertanya ke petani-petani kopi di Malabar tentang pengolahan dan proses lainnya. Jadi, kalian benar-benar bisa membuat kopi dengan karakteristik aslinya.

Oleh-oleh Kopi Malabar

Hampir semua orang suka belanja. Saat berkunjung ke suatu tempat, pasti yang ingin dibeli adalah makanan khasnya. Jika kalian berkunjung ke Bandung, Jawa Barat, jangan lewatkan untuk membeli oleh-oleh juga. Salah satunya adalah kopi Malabar. Kopi ini sangat cocok untuk menjadi oleh-oleh khas Bandung khususnya di wilayah Malabar. Selain asli dan langsung dipetik dari perkebunan kopi, harganya pun termasuk murah meriah sehingga dapat dijangkau semua kalangan masyarakat. Sesampai di rumah, kalian bisa segera mencoba nikmatnya kopi ini. Setelah mencicipi, bisa jadi kalian akan ketagihan dengan kopi Arabika Malabar ini.

Jenis-jenis Kopi Malabar

Berbicara tentang jenis kopi Malabar, ada 3 macam yang bisa kita dapatkan. Yang pertama adalah kopi Malabar Specialty Coffee. Selain itu, ada juga kopi luwak Malabar yang menjadi favorite bagi para pecinta kopi. Yang terakhir adalah gourment Arabica Malabar. Semuanya 100% original dari kopi Malabar sehingga terjaga kualitas dan cita rasa aslinya. Tentu saja, harganya bermacam-macam. Rasanya pun juga berbeda-beda. Jadi, sebelum membelinya, pastikan pilih yang sesuai dengan karakteristik kesukaan kalian. Jadi, kopi Malabar menjadi semakin nikmat.

Kopi Arabika Malabar dengan Rasa yang Mendunia

Bicara tentang rasa kopi Malabar, maka aroma yang tajam serta menggugah selera menjadi kesan pertama yang muncul. Berbeda dengan kopi yang pahit dan membuat banyak orang kapok meminumnya, kopi ini rasanya ringan dan menyegarkan. Tentu saja, tidak ada juga rasa pahit yang ditinggalkan sehingga kopi ini akan membuat penikmatnya ketagihan. Namun jangan khawatir, kopi Arabika Malabar ini aman diminum dan mudah didapatkan.

Dengan rasanya yang nikmat, kopi Malabar natural pernah meraih medali emas di kompetisi internasional yang diadakan di Melbourne International Coffee Expo. Tentu saja ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Indonesia khususnya Malabar, Bandung, Jawa Barat. Hal ini membuat para petani kopi di wilayah gunung Malabar bangga karena yang dibawa ke ajang internasional tersebut asli dari perkebunan kopi Malabar langsung. Artinya, usaha para petani di sana tak sia-sia hingga mendapatkan apresiasi besar dari dunia, bukan hanya Indonesia. Dengan aroma buah-buahan tropis yang menyegarkan dan begitu kuat, tak heran biji kopi ini bisa menghasilkan rasa yang nikmat.

Tips Membeli Kopi Arabika Malabar

Saat ini, banyak sekali para penjual kopi baik online maupun di toko. Untuk mendapatkan kopi Malabar dengan kualitas terbaik, pastikan bahwa kopi yang kalian beli adalah asli dari Malabar dan dipetik langsung dari perkebunan kopinya. Pasalnya, saat ini banyak kopi yang sudah tidak murni. Kemudian, jangan lupa pilih jenis pengolahannya yang kalian sukai sehingga rasanya sesuai selera masing-masing. Untuk masalah harga, kopi Malabar sangat terjangkau. Harganya bermacam-macam namun termasuk murah.

Kopi Arabika Malabar tidak hanya dijual di daerah Bandung, Jawa Barat. Jadi, kalian bisa juga membelinya di kota tempat kalian tinggal. Namun, jika kalian berkunjung ke Malabar, membeli langsung dari petani bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Bahkan, jika kalian ingin memproses sendiri, itu akan lebih baik dan menambah pengalaman sebagai penikmat kopi.

 

 

 

 

 

 

 

 

Beri Komentar

Layanan
Mandiri

Hubungi Perangkat Desa untuk mendapatkan PIN

Perangkat Desa

KEPALA DESA

AGUS SUPRIATNA

SEKRETARIS DESA

TATANG KARYANA

KASI PEMERINTAHAN

EMAN SULAEMAN

KASI KESEJAHTERAAN

YANTO HERYANTO

Kasi. Pelayanan

EET NURHAETI

KAUR KEUANGAN

RAMDHAN SAMBASTIAN

Kaur Perencanaan

EPEP SURACHMAT AMD

KAUR UMUM DAN TATA USAHA

INDRI SUSANTI DEWI

Kepala Dusun I

BANGBANG SUHERMAN

KEPALA DUSUN II

GUGUN GUNAWAN

KEPALA DUSUN III

DEDEN RAHMAT NUR

KEPALA DUSUN IV

ABDUL ROHMAN

STAF KAUR TU DAN UMUM

CANDRA RISMANA

STAF KASI PELAYANAN

SALSA BILLA NURFADILLAH

STAF KAUR KEUANGAN

RINA ASTRIANI

Desa

12.507

LAKI-LAKI

12.507LAKI-LAKI penduduk

12.371

PEREMPUAN

12.371PEREMPUAN penduduk

24.878

TOTAL

24.878TOTAL penduduk

Statistik
Komunitas Statistik
Peta Desa
Komunitas Statistik
Peta Desa

Transparansi Anggaran

APBDes 2022 Pelaksanaan

PENDAPATAN

Realisasi | Anggaran

Rp. 3,165,067,900Rp. 3,378,627,900

93.68%

BELANJA

Realisasi | Anggaran

Rp. 1,942,091,756Rp. 3,418,117,700

56.82%

PEMBIAYAAN

Realisasi | Anggaran

Rp. 53,000,000Rp. 139,489,800

38%

APBDes 2022 Pendapatan

Hasil Usaha Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0Rp. 12,000,000

0%

Hasil Aset Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 100,440,000Rp. 147,000,000

68.33%

Lain-Lain Pendapatan Asli Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 2,200,000Rp. 3,300,000

66.67%

Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 1,380,799,000Rp. 1,534,699,000

89.97%

Bagi Hasil Pajak dan Retribusi

Realisasi | Anggaran

Rp. 272,003,500Rp. 272,003,500

100%

Alokasi Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 1,279,625,400Rp. 1,279,625,400

100%

Bantuan Keuangan Provinsi

Realisasi | Anggaran

Rp. 130,000,000Rp. 130,000,000

100%

APBDes 2022 Pembelanjaan

BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA

Realisasi | Anggaran

Rp. 928,102,356Rp. 1,707,568,700

54.35%

BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA

Realisasi | Anggaran

Rp. 316,683,400Rp. 531,323,000

59.6%

BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN

Realisasi | Anggaran

Rp. 116,000,000Rp. 174,500,000

66.48%

BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Realisasi | Anggaran

Rp. 89,000,000Rp. 240,350,000

37.03%

BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA

Realisasi | Anggaran

Rp. 492,306,000Rp. 764,376,000

64.41%
Perangkat Desa

AGUS SUPRIATNA

KEPALA DESA

TATANG KARYANA

SEKRETARIS DESA

EMAN SULAEMAN

KASI PEMERINTAHAN

YANTO HERYANTO

KASI KESEJAHTERAAN

EET NURHAETI

Kasi. Pelayanan

RAMDHAN SAMBASTIAN

KAUR KEUANGAN

EPEP SURACHMAT AMD

Kaur Perencanaan

INDRI SUSANTI DEWI

KAUR UMUM DAN TATA USAHA

BANGBANG SUHERMAN

Kepala Dusun I

GUGUN GUNAWAN

KEPALA DUSUN II

DEDEN RAHMAT NUR

KEPALA DUSUN III

ABDUL ROHMAN

KEPALA DUSUN IV

CANDRA RISMANA

STAF KAUR TU DAN UMUM

SALSA BILLA NURFADILLAH

STAF KASI PELAYANAN

RINA ASTRIANI

STAF KAUR KEUANGAN