You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Pangalengan

KEC. Pangalengan, KAB. Bandung, Prov. Jawa Barat

Home Visit Keluarga Binaan Deteksi Permasalahan Kesehatan Sejak Dini


Home Visit Keluarga Binaan Deteksi Permasalahan Kesehatan Sejak Dini

Dalam rangka melatih mahasiswa dalam mendeteksi secara dini masalah kesehatan dan penyakit di masyarakat, salah satu mahasiswa kedokteran dari tim KKN-PPM UGM Periode 4, Radyan Artha Dewa R mengadakan program kerja Home Visit kepada keluarga binaan di desa Pangalengan. Home Visit merupakan kegiatan berkunjung bertema kesehatan dari rumah ke rumah. Keluarga binaan tujuan adalah keluarga di RW 21. Alasan pemilihan lokasi ini dikarenakan agar dapat menjangkau keluarga yang berada jauh dari puskesmas.

Program Home Visit dimulai sejak Rabu 8/1 lalu. Sejak hari pertama kunjungan hingga kemarin 22/1 sudah tiga kali kegiatan Home Visit terlaksana di empat keluarga binaan. Kunjungan minggu pertama diawali dengan pendataan keluarga, asuransi, riwayat kesehatan fisik, disabilitas, dsb. Tak hanya itu, pemeriksaan tensi dan suhu tubuh juga dilakukan kepada anggota keluarga kunjungan Kunjungan Home Visit berikutnya, mahasiswa memaparkan mengenai PHBS (Perilaku Bersih Sehat), keberadaan toilet rumah, lingkungan rumah, jentik nyamuk, cuci tangan, dan penyuluhan informasi penyakit menular TB. Di minggu terakhir kunjungan, kegiatan program melanjutkan pemaparan penyakit. Akan tetapi lain hal dengan sebelumnya, yakni penyakit tidak menular seperti diabetes dari penyebabnya, ciri-ciri, hingga cara mencegah dari kebiasaan pola hidup hingga saran jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Setelah kegiatan program Home Visit selesai dilaksanakan, data yang didapatkan nantinya akan dimasukkan ke dalam data Kementrian Kesehatan dan dapat diJadikan stackholder. Dengan adanya pelaksaan program ini diharapkan dapat menemukan kasus permasalahan keluarga yang tidak dapat ditemukan di puskesmas.

 

Penulis

Hasna Rafika

Mahasiswa KKN-PPM UGM Periode 4

Bagikan artikel ini:
Komentar