You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Pangalengan

Kec. Pangalengan, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat

Menjadi Manusia Cerdas itu Gampang kok


Menjadi Manusia Cerdas itu Gampang kok

Pada era modern semua orang tak lepas dari media digital. Media digital itu bisa berupa handphone, televisi, komputer, radio dan penyedia informasi lainnya yang memanfaatkan teknologi. Kemajuan teknologi ini sangat mempengaruhi dan membantu kehidupan sehari-hari tiap orang. Tapi apakah penggunaan media digital sudah dimanfaatkan secara maksimal? Membiasakan diri akan kegiatan literasi digital bisa dilakukan.

Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.

                Dalam memanfaatkan media digital, maka ketiga mahasiswa KKN-PPM UGM Harashta Wendranirsa, Ni Ketut Divya K.P., dan Hasna Rafika mengadakan sosilasisasi ke tiga dusun desa Pangalengan. Acara ini dilakukan tiap siang hari Kamis mulai tanggal 8/1 hingga 22/1 di Aula Kantor Desa. Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan diri masyarakat dalam kegiatan literasi digital. Selain itu karena terdapat dampak buruk berupa berita palsu atau hoax maka diberikan juga penyuluhan tentang bagaimana cara mengetahui berita palsu. Keberadaan berita palsu bisa sangat membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

                Para warga yang hadir kegiatan ini juga diberikan pentingnya literasi bagi anak-anak. Amat penting peran orang dewasa dalam mengajarkan Literasi Digital sejak dini apalagi terhadap tumbuh kembang yang sedang diamali sang anak. Akan tetapi pengajaran tersebut harus diimbangi dengan pengawasan yang penting agar dampak buruk akan media digital bisa terhindarkan.

 

Penulis

Hasna Rafika

(KKN-PPM UGM)

Bagikan artikel ini:
Komentar