• Jl. Raya Pangalengan No.6 KM. 41 Pangalengan
  • 022 5979067
  • info@pangalengan.desa.id

Sejarah Desa Pangalengan

15 Januari 2020 Operator Desa Dibaca 732 Kali

Negara Republik Indonesia merupakan Negara Agraris dimana mayoritas penduduknya bermata-pencaharian bercocok tanam. Demikian pula halnya dengan penduduk Desa Pangalengan, sejak jaman dahulu terkenal sebagai petani sayur-mayur.

Disamping daerah Pangalengan sebagai penghasil sayur-mayur, juga terkenal sebagai produsan Teh dan Kina yang sudah terkenal sejak jaman penjajahan Belanda, dari kedua jenis Perkebunan ini daerah Pangalengan memiliki sejarah  yang  khas dan  tumbuh  sebagai  cerita  yang  turun temurun.

Menurut cerita orang tua, bahwa tatkala tanah Pasundan dikuasai oleh Sultan Agung dari Mataram, daerah Pangalengan pun dengan sendirinya termasuk daerah kekuasaannya yang pada waktu itu yang menjadi Bupati Bandung adalah Demang Adisutra. Pada tahun 1811 Demang Adisutra menyerahkan kekuasaanya kepada Pemerintahan Belanda yang dipimpin oleh Daendels, selanjutnya Daendels memerintahkan kepada Bupati Bandung (waktu itu) RA. Wiranatakusumah  dan  Rd.  Indrijadirdja  untuk memindahkan Ibu kota Kabupaten Bandung dari Dayeuhkolot ke Dalem Kaum (Bandung). Hal ini dimaksudkan supaya Ibu Kota   Kabupaten Bandung dekat  dengan jalan raya   (dalam Sejarah Nasional terkenal dengan sebutan Jalan Daendels), pemindahan Kabupaten Bandung ini terjadi pada tanggal 23 Mei 1811.

Ketika itu Rd. Aria Natanegara yang menjadi Wedana Banjaran memerintahkan untuk dibuka tanah hutan disebelah selatan, pembukaan hutan ini mendapat bantuan dari Embah Esti dan Embah Nurbayin.

Selanjutnya terwujudlah sebuah perkampungan yang diberi nama Pangalengan, yang konon nama tersebut diambil dari istilah pengalengan kopi yang pada  waktu itu daerah Pangalengan banyak di tanam dan di produksi hasil Perkebunan  Kopi.  Dan  yang  memimpin  Desa  Pangalengan adalah   Mangun (1811-1870) yang diangkat sebagai Lurah Desa Pangalengan pertama.

 

Untuk Mengetahui Sejarah Desa Pangalengan , Silahkan Klik Lampiran Dibawah ini. Selamat Membaca.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar