• Jl. Raya Pangalengan No.6 KM. 41 Pangalengan
  • 022 5979067
  • info@pangalengan.desa.id

TK CARAMELS

09 Januari 2018 Administrator Produk Desa Dibaca 861 Kali
Permen Susu, Dodol Susu, Hingga Krupuk Susu
Oleh Oleh Khas Pangalengan

        Kabupaten Bandung terkenal berbagai macam makanan khas yang salah satunya adalah Permen susu,dodol susu dan kerupuk susu yang  sentra pengrajin adalah di Kecamatan Pangalengan yang dibilang sentra susu sapi di wilayah Jawa Barat.
      

        Apabila kita mendengar susu sapi jangan lantas hanya terbayang berupa minuman saja karena di Pangalengan ini susu sapi bisa diolah jadi macam macam camilan yang enak rasanya, salah satu contoh adadah Susu Karamel buatan Pabrik TK Sukamenak, berkat pemiliknya Ipah Datipah.
 
  
       Akhir tahun 1969, Pangalengan mengalami produksi susu yang berlimpah sehingga sering kali ditemui susu yang terbuang karena basi. Dari pada terbuang percuma , Ipah berpikir pikir, akhirnya muncul ide untuk mengolah susu menjadi sesuatu yang tahan lama, jadilah yang kita kenal sekarang dodol susu, susu karamel (permen) dan bahkan kerupuk susu. Seiring waktu berjalan Tak disangka, permen produksinya sangat diminati dipasaran, bahkan menjadi makanan khas wajib beli jika anda ke Pangalengan. 
 
  
      Ketekunan dan kerja keras menjadi kunci sukses Ipah dalam mengembangkan usahanya. Pada bulan Desember tahun 1992 Ipah memperoleh penghargaan Upakarti Jasa Pengabdian dari pemerintah. Upakarti tersebut diterimanya karena ia dianggap berjasa memanfaatkan limbah susu di Kecamatan Pangalengan pada tahun 1970-an. Selain itu, industri kecil yang dirintisnya berkembang serta mampu menyerap 25 tenaga kerja.
 
  
        Ketika mendapatkan Upakarti, Ipah memanfaatkan sekitar 300 liter susu per hari untuk menghasilkan sekitar 90 kilogram karamel dan dodol susu per hari. Industri kecil yang berbuah besar.
 
  
       Ipah menyadari untuk memperkenalkan hasil produknya ke seluruh wilayah Indonesia sangatlah tidak mudah , pameran merupakan salah satu sarana utama untuk mengenalkan produknya ke pasaran. “Pemerintah sering kali membantu saya untuk mengikuti pameran. Adalah Dekranasda Kabupaten Bandung yang sering mengikut sertakan dalam berbagai event pameran di berbagai kota. bahkan bu Ipah sudah sangat akrab dengan beberapa pengurus Dekranas Kabupaten Bandung, karena bi Ipah menyadari Lewat pameran, produk nya dikenal dan laku,” .
 
 
       Apabila anda tertarik untuk membeli atau mengunjungi dapat medatangiAlamat Belanja : Susu Karamel TK. Kp. Sukamenak RT 04 RW 18 Jl. Chincona No 4 Pangalengan atau bisa mendatangi stand Dekranasda Kabupaten Bandung Pada saat Even pameran yang diikuti.
 
 
 
NAMA PERUSAHAAN
ALAMAT
KONTAK PERSON
TK Caramel
Jl. Chincona No.4 Sukamenak RT.04/XVIII Pangalengan
Hj. Ipah Datipah
022-85970122
081809657965
08172304202
 
 
Sumber   http://bdgdekranasda.blogspot.co.id/2011/02/home-industri-susu-caramel.html
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar